The Secret Banyu Tibo~ Pacitan, East Java


Pantai Banyu Tibo ini berada di pinggiran Pacitan bagian selatan. Tepatnya di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Banyu Tibo adalah satu dari sekian pantai yang ada di kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kabupaten yang lebih dikenal dengan Kota Seribu Goa ini memang punya deretan pantai-pantai cantik, terutama di daerah pinggiran. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Pacitan (dan juga di Indonesia secara umum), Banyu Tibo punya suasana dan pemandangan yang berbeda. Di pantai ini terdapat sebuah fenomenan alam yang cukup unik dan jarang yakni sebuah air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Fenomena dan pemandangan ini menjadi daya tarik utama Pantai Banyu Tibo.
Secara keseluruhan pantai ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Pacitan pada umumnya. Yakni berpasir putih dan memiliki air laut yang bersih. Hanya keberadaan air terjun yang membuat pantai ini terlihat berbeda. Air yang jatuh dari tebing tersebut merupakan air tawar yang berasal dari sumber air bawah tanah di pegunungan karst yang berada di sekitar pantai. Sebagai kota wisata Pacitan memiliki keanekaragaman tempat wisata seperti, Pantai dan Goa. Berbicara tentang pantai biasanya yang terbayang dalam benak kita adalah pantai yang memiliki pemandangan yang luas dengan hamparan pasir yang membentang, deburan ombak dan batu-batu karang. Tetapi tidak dengan destinasi wisata yang satu ini yaitu pantai Banyu Tibo.
 Akses dan Rute Menuju Pantai Banyu Tibo
Akses menuju Pantai Banyu Tibo tidak terlalu sulit dan belum ada transportasi umum yang menuju ke pantai. Untuk anda yang ingin datang ke pantai Banyu Tibo Pacitan, bisa mengambil rute sebagai berikut :

  • Rute dari Kota Pacitan : Kota Pacitan – Jalan Nasional 3 – Jalan Pacitan Donorejo – Pertigaan Punung – belok kiri hingga menuju ke lokasi Pantai Banyu Tibo.
  • Rute ke Pantai Banyu Tibo dari Solo dan Yogyakarta : Yogyakarta – Solo – Jalan Raya (Wonogiri-Pacitan) – belok kanan arah pantai Klayar – masuk ke jalan desa kurang lebih 12 km – tiba di Desa Widoro.


Fasilitas di Pantai Banyu Tibo
Di sekitar kawasan wisata pantai Banyu Tibo sudah ada beberapa fasilitas pendukung diantaranya area parkir, warung makanan, kamar mandi dan lainnya. pantai Banyu Tibo ini memiliki fenomena unik yang jarang ditemui di pantai lain yaitu adanya sebuah air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Oleh karena itu, nama pantai ini dinamakan Banyu Tibo. Banyu dalam bahasa Jawa berarti air dan Tibo berarti jatuh.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Explore Klenteng Sam Po Kong in Semarang

Sulamadaha Beach - Ternate (North Maluku)

Nature Paradise, WAKATOBI~ South East Sulawesi